Tablature atau Not Balok?

Lebih bagus belajar gitar dari Tablature atau Not Balok ya? Sebelum menjawab pertanyaan ini kita harus mengerti dahulu bahwa tablature dan not balok mempunyai fungsi yang sangat berbeda.

Tablature berfungsi sebagai instruksi bagaimana cara memainkan suatu lagu di gitar. Jadi, tablature berfokus pada tangan, bukan pada musik. Membaca tablature sangatlah mudah, karena tangan kita tinggal mengikuti saja instruksi yang tertulis di sana. Kekurangan dari tablature adalah bahwa tidak terdapat "musik" di dalamnya, si pembaca hanya menjadi "robot" yang diperintah oleh tablature tersebut.

Not Balok berfungsi untuk "menggambarkan" suatu musik kepada si pembaca, tanpa mengharuskan bagaimana tangan harus diletakkan/digerakkan di gitar. Membaca not balok tidaklah mudah, karena si pembaca harus bisa menerjemahkan musik yg tergambar ke dalam bentuk gerakan tangan di gitar. Kelebihan dari not balok adalah bahwa terdapat deskripsi musik yang kaya di dalamnya, dan si pembaca boleh dengan (agak) bebas mengartikan musik tersebut dan mengekspresikannya di gitar.

Jadi, lebih bagus membaca tablature atau not balok? Tergantung. Kalau kamu main gitar just for fun, bacalah tablature dan kamu akan bisa cepat main tanpa menghabiskan waktu untuk belajar teori musik. Tetapi kalau kamu ingin menjadi pemusik sejati, investasikan waktumu untuk belajar not balok agar bisa berekspresi lebih indah :)

Posted by Budiman on 1 June 2013 at 22:06


Comments